Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Apakah yang dimaksud dengan negara?
2. Bagaimanakah terjadinya Negara Kesatuan Republik Indonesia?
3. Unsur negara secara teoritis terdiri dari unsur konstitutif dan unsur deklaratif. Jelaskan perbedaan
antara kedua unsur tersebut!
4. Sebutkan ciri-ciri suatu bangsa!
5. Sebutkan 5 fungsi yang sesuai dengan negara Indonesia menurut E. Mirriam Budiardjo!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Keutuhan wilayah suatu negara sangat menentukan berlangsung tidaknya pemerintahan sebuah
negara. Mengapa demikian? Jelaskan pendapatmu!
2. Jelaskan pentingnya keutuhan NKRI!
3. Sikap apa saja yang harus dimiliki oleh bangsa Indonesia untuk melindungi keutuhan NKRI?
4. Sebutkan alat pemersatu bangsa Indonesia untuk menjaga keutuhan NKRI!
5. Apa yang dimaksud dengan Nusantara?
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Keikutsertaan rakyat dalam usaha membela negara dalam menjaga keutuhan NKRI dapat
dilakukan melalui bela negara secara fisik dan non fisik. Jelaskan kedua hal tentang bela negara
tersebut!
2. Bagaimanakah isi Pasal 30 Ayat (1) dan (2) UUD 1945?
3. Bagaimana bentuk partisipasi rakyat dalam menjaga keutuhan NKRI?
4. Apa yang dimaksud dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”?
5. Sebutkan hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan sebagai upaya
dalam menjaga keutuhan NKRI dalam:
a. lingkungan keluarga,
b. lingkungan sekolah, dan
c. lingkungan masyarakat!
Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1. Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berbentuk ….
- a. kepulauan b. daratan c. benua d. lautan
- a. 1 Ayat (2) b. 1 Ayat (1) c. 2 Ayat (1) d. 4 Ayat (1)
- a. sukunya b. agamanya c. negaranya d. daerahnya
- a. keprihatinan yang tinggi b. persatuan dan kesatuan c. dendam kepada penjajah d. penderitaan bangsa Indonesia
- a. mempunyai TNI dan Polri b. banyak suku bangsa c. rakyatnya bersatu d. rakyatnya kaya
- a. ketahanan masyarakat mantap b. ketahanan masyarakat berkurang c. raka kesetiakawanan kuat d. ketahanan masyarakat meningkat
- a. orang perorang b. generasi pendahulu c. generasi mendatang d. golongan pergolongan
- a. kekuasaan b. kehormatan c. keserakahan d. keadilan
- a. masa depan kita b. musuh pribadi kita c. ancaman dan gangguan d. bangsa yang pernah menjajah negara kita
- a. semua rakyatnya berasal dari satu suku bangsa b. agama yang berlaku di Indonesia hanya satu c. negara Indonesia dipimpin oleh seorang presiden d. badan yang berkuasa dalam negara hanya satu pemeritahan pusat
- a. agar rakyatnya mudah diatur b. karena tuntutan jiwa Pancasila c. agar dikagumi oleh bangsa lain d. karena pesan dari para pendahulu bangsa
- a. 30 Ayat (1) b. 30 Ayat (2) c. 31 Ayat (1) d. 31 Ayat (2)
- a. disenangi dan cocok b. sesuai dengan kepribadian kita c. berasal dari negara Timur d. dapat memajukan bangsa
- a. membanggakan budaya daerah lain b. senang mempelajari budaya asing c. mempelajari bahasa Inggris d. belajar di luar negeri
- a. memiliki rasa kebersamaan b. kesamaan identitas budaya c. memiliki penguasa sah yang ditakuti d. keanggotaannya bersifat nasionalitas
- a. rakyat b. wilayah c. pemerintah yang berkedaulatan d. pengakuan dari negara lain
- a. anak dan ibu b. ayah dan ibu c. anak-anak dan pembantu d. semua anggota keluarga
- a. menjaga kerapian di dalam kelas b. mengikuti pelajaran dengan saksama c. bergaul tanpa membeda-bedakan teman d. bekerja sama dalam mengerjakan ulangan
- a. kepada pemuka agama b. kepada pejabat setempat c. kepada aturan yang berlaku d. kepada pemuka masyarakat
- a. memberi ucapan selamat hari raya bagi agama lain b. kerja bakti membersihkan tempat ibadah c. hanya bergaul dengan kelompoknya saja d. menengok tetangga yang sedang sakit
- a. 17 Agustus 1945 b. 18 Agustus 1945 c. 17 Agustus 1954 d. 18 Agustus 1954
- a. RMS b. G30S/PKI c. GAM d. PRRI
- a. 6 b. 7 c. 8 d. 9
a. kebahagiaan
b. kesedihan
c. konflik
d. perdamaian
25. Keanekaragaman budaya harus terus
dikembangkan agar dapat menjadi …
persatuan dan kesatuan.
a. pemecah
b. perusak
c. penghalang
d. perekat
26. Pernyataan satu nusa, satu bangsa, dan satu
bahasa Indonesia dilakukan oleh pemuda
pada kongres ….
a. Pemuda
b. Indonesia
c. Sumpah Pemuda
d. Sumpah Indonesia
27. Penduduk pulau Jawa sering disebut sebagai
suku ….
a. Minang
b. Dani
c. Dayak
d. Jawa
28. Apabila keadaan negara aman dan damai,
maka kegiatan pembangunan dapat berjalan
dengan ….
a. lancar
b. tersendat
c. terganggu
d. lambat
29. Keadaan yang berbeda menuntut rakyat
Indonesia harus membangun rasa ….
a. kekhawatiran
b. permusuhan
c. ketidaknyamanan
d. kebersamaan
30. Gerakan pemberontakan rakyat Aceh dikenal dengan nama ….
a. PRRI
b. GAM
c. RMS
d. PKI
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Bangsa Indonesia menyusun pemerintahannya sejak ….
2. Negara Indonesia yang berbentuk republik dipimpin oleh seorang ….
3. Keutuhan wilayah NKRI menjadi tanggung jawab ….
4. Peran serta warga negara dalam ketahanan negara tercantum dalam UUD 1945 Pasal … Ayat ….
5. Stabilitas nasional yang baik akan menjamin lancarnya ….
6. Masyarakat Indonesia harus selalu menjaga ketahanan fisik maupun ketahanan jiwa agar terhindar dari ….
7. Keanekaragaman suku bangsa dapat menghambat pembangunan jika tidak disertai sikap ….
8. Saling tolong menolong antara ayah, ibu, dan anak merupakan contoh kerukunan di dalam ….
9. Kegiatan belajar mengajar di sekolah akan lancar apabila ketahanan sekolah ….
10. Ketahanan nasional dapat terpelihara jika ketahanan masyarakat ….
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Apa yang dimaksud dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia?
2. Sebutkan ciri-ciri bangsa!
3. Jelaskan proses terjadinya NKRI!
4. Bagaimanakah upaya-upaya untuk menjaga keutuhan NKRI?
5. Jelaskan arti penting semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” bagi bangsa Indonesia!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar